life, mind

keep smart and be ethical

I’m back! Setelah sekian minggu meninggalkan blog ini.. haha. Lebih karena lagi ga ada ide buat nulis ditambah lagi ga mood buat merangkai kata-kata.. halahh..

Kemaren-kemaren kayanya sempat heboh di Indo soal keputusan hukuman Ahok. Sebenernya saya juga ga paham-paham banget soal hukum dan ga serta merta mengikuti kasusnya dari awal sampai akhir. Waktu masih di Indo sempet lihat sidangnya, tapi kemudian gak mau liat lagi karena entah mengapa kasus ini terlalu banyak bumbu-bumbunya.

Hmm.. Yang jelas kayanya kasus ini cukup banyak membuat orang “memanas”. Bahkan diantara teman-teman yang saya kira ga terlalu peduli dengan perpolitikan ternyata cukup aktif juga berkomentar. Sebenernya bebas sih mau berkomentar apapun, apalagi sekarang media sosial udah jadi salah satu lifestle yang tidak bisa lepas dari kehidupan. Cuma tetep harus beretika dan kalau tidak setuju dengan pendapat orang teh harus bisa dewasa juga dalam menanggapinya.

Untungnya saya masi dikelilingi oleh orang-orang yang masih menjaga omongannya. Sehingga, saya tidak terlalu gerah melihat perdebatannya, paling ya kalau ga suka ditinggalkan saja. Berbeda halnya ketika saya membaca artikel dari luar lingkaran teman saya, disana begitu kasar dan bisa saya bilang tidak beretika. Oh come on, jangan sampai membuat orang yang baca tidak respect dengan apa yang kamu katakan guys. Membela apa yang kamu yakini itu sah-sah saja, tapi jangan sampai saling menjatuhkan dan merembet kemana-mana.

Da bukan berarti yang diem-diem aja teh ga peduli, mungkin aja yang diem teh lebih real actionnya dibandingkan yang berkoar-koar. Mengatasnamakan golongan yang sebenernya belum tentu golongan itu mengakui keberadaan kamu dengan sikap dan perilaku yang kamu lakukan. Intinya sih jangan memandang diri yang paling dan merendahkan orang lain.

2 thoughts on “keep smart and be ethical”

  1. paling males ngebahas kasus ini. dari teman2 yang deket aja udah ngebahas hal itu apalagi yang ga begitu dekat. kesannya dia yang paling benar, semua orang salah. saking keselnya aku sampe ninggalin instagram dulu. males soalnya suka bad mood ngeliat postingan orang, ini lagi ini lagi yang dibahas. terlalu dibesar2kan jadi merusak persatuan dan kesatuan.

  2. setujuuuu,,, bawaannya teh panas mulu emang,, haha.. lebih baik ditinggalkan.. yang nuduh merusak persatuan padahal kelakuannya juga begitu yaks..

Leave a comment